Langkah Mudah untuk Menyiapkan Semur Ayam Betawi Anti Gagal

Semur Ayam Betawi.

Semur Ayam Betawi

Lagi mencari inspirasi resep semur ayam betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal semur ayam betawi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur ayam betawi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan semur ayam betawi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah semur ayam betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Semur Ayam Betawi memakai 13 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Semur Ayam Betawi:

  1. Ambil 18 potong ayam kecil/sedang.
  2. Ambil 1 buah jeruk nipis/kunci untuk marinasi.
  3. Sediakan 10 siung bawang merah.
  4. Ambil 2 siung bawang putih.
  5. Sediakan 5 butir kemiri.
  6. Sediakan 1 sdm ketumbar.
  7. Gunakan 1/2 sdm lada.
  8. Siapkan 1 ruas jahe, geprek.
  9. Gunakan 1 ruas lengkuas, geprek.
  10. Ambil 7 butir cengkeh.
  11. Ambil 1 batang kayu manis.
  12. Siapkan 2 lembar daun salam.
  13. Ambil 6 sdm kecap manis atau secukupnya.

Langkah-langkah membuat Semur Ayam Betawi:

  1. Bersihkan ayam. Lumuri dengan perasan jeruk nipis/kunci, simpan di kulkas selama 15 menit. Setelah itu goreng 1/2 atau 3/4 matang..
  2. Siapkan semua bahan bumbu. Uleg bawang merah, bawang putih, kemiri. Campur lada dan ketumbar dalam ulekan. Jahe dan lengkuas digeprek saja..
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum. Kemudian masukkan bahan2 lainnya: lengkuas, jahe, salam, cengkeh, kayu manis. Tumis sampai bumbu meresap..
  4. Tuang secukupnya air, sampai kira2 akan bisa merendam jumlah ayam yang dimasak. Masak sampai mendidih, lalu tuang kecap secukupnya. Masak kembali sampai mendidih. Beri garam, dan gula. Test rasa..
  5. Masukkan daging ayam, rebus/masak sampai air menyusut dan kuah rada nyemek..

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan semur ayam betawi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: