Resep Semur jengkol ala sunda yang Lezat Sekali

Semur jengkol ala sunda. Rebus jengkol hingga empuk, lalu pipihkan jengkol menggunakan ulegkan. Tumis bumbu bersama daun salam dan daun jeruk hingga harum. Resep semur jengkol - Jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Semur jengkol ala sunda Teksturnya yang empuk dengan aromanya yang khas. Yuk, coba resep semur jengkol ini. Lihat juga resep Semur Jengkol enak lainnya.

Sedang mencari inspirasi resep semur jengkol ala sunda yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur jengkol ala sunda yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur jengkol ala sunda, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan semur jengkol ala sunda enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Rebus jengkol hingga empuk, lalu pipihkan jengkol menggunakan ulegkan. Tumis bumbu bersama daun salam dan daun jeruk hingga harum. Resep semur jengkol - Jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan semur jengkol ala sunda sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Semur jengkol ala sunda memakai 20 jenis bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Semur jengkol ala sunda:

  1. Sediakan 1/4 jengkol.
  2. Gunakan bumbu halus.
  3. Gunakan 5 bawang merah.
  4. Sediakan 4 bawang putih.
  5. Sediakan 4 kemiri sangarai.
  6. Sediakan 2 cabe merah.
  7. Sediakan 3 cabe rawit.
  8. Gunakan 1 ruas jahe.
  9. Ambil 1/2 sdt lada.
  10. Gunakan 1 sdt gula merah atau putih.
  11. Siapkan 1/2 sdt garam.
  12. Ambil 1 sdt penyedap rasa ayam.
  13. Sediakan minyak untuk menumis.
  14. Gunakan bumbu pelengkap.
  15. Ambil 2 lembar daun salam.
  16. Ambil 1 sereh geprek.
  17. Sediakan 2 daun jeruk.
  18. Sediakan 1 ruas lengkuas geprek.
  19. Ambil 3 sdm kecap manis.
  20. Sediakan 1 1/2 gelas air atau 250 ml.

Resep Semur Jengkol Khas Sunda Spesial - Semur jengkol merupakan salah satu kuliner asli nusantara yang memiliki cita rasa yang khas dan kuat. Banyak orang yang menghindari jengkol karena baunya yang sangat menyengat. Diantaranya adalah sambal goreng jengkol, semur jengkol betawi, gulai jengkol khas minang dan yang terakhir yang juga special adalah hidangan ceos jengkol ala Sunda. Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang biasanya dijadikan lauk pendamping nasi uduk.

Langkah-langkah membuat Semur jengkol ala sunda:

  1. Rendam 1 malam jengkol lalu rebus sampai empuk dan geprek..
  2. Kemudian blender semua bahan halus. lalu siapkan wajan dan minyak. kemudian tumis sampai harum. lalu masukan bahan pelngkap. terakhir masukan jengkol. sampai air menyurut..

Pada resep ini, jengkol diolah hingga lembut. KOMPAS.com - Semur jengkol adalah makanan khas Betawi yang perlu bumbu dan cara mengolah yang tepat untuk menghasilkan masakan nan lezat. Buat anda yang suka jengkol, sekarang bisa buat semur jengkol kesukaan anda sendiri. Rebus jengkol yang sudah dikupas sampai matang, lalu tiriskan Tumbuk jengkol yang sudah matang, jangan terlalu penyek biar tidak hancur Semur Jengkol ala Sunda Tanpa Santan bahan bahannya adalah - jengkol /sepi yang sudah direbus empuk dan digeprek pake. Semur Jengkol Super Mantep Mudah Bikinya Bu Yuni kali ini akan membagikan resep dan tutorial cara memasak semur jengkol.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Semur jengkol ala sunda yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: