Resep Semur Daging Betawi yang Bikin Ngiler

Semur Daging Betawi.

Semur Daging Betawi

Anda sedang mencari inspirasi resep semur daging betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur daging betawi yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur daging betawi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan semur daging betawi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat semur daging betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Semur Daging Betawi menggunakan 18 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Semur Daging Betawi:

  1. Sediakan 500 gr daging sapi.
  2. Siapkan 500 ml air.
  3. Ambil 5 sdm kecap manis.
  4. Ambil Secukupnya kaldu jamur (bisa di skip).
  5. Siapkan Bahan bumbu rebusan.
  6. Gunakan 1 ruas jahe.
  7. Sediakan 1 ruas lengkuas.
  8. Ambil Bahan bumbu halus.
  9. Gunakan 5 siung bawang merah.
  10. Siapkan 5 siung bawang putih.
  11. Sediakan 5 butir kemiri.
  12. Gunakan 1 sdm ketumbar.
  13. Sediakan 1/2 sdm merica.
  14. Sediakan 1 sdm garam.
  15. Gunakan Bahan bumbu tidak dihaluskan.
  16. Sediakan 7 buah cengkeh.
  17. Gunakan 1 bagian kecil kayu manis.
  18. Siapkan 2 lembar daun salam.

Langkah-langkah menyiapkan Semur Daging Betawi:

  1. Cuci bersih daging. Potong - potong, lalu rebus selama 45 menit. Rebus bersama jahe dan lengkuas. (Setelah 45 menit, tiriskan).
  2. Sambil menunggu rebusan daging, siapkan bahan bumbu. Uleg bahan bumbu halus, sampai setengah kasar, lalu tambahkan garam. Lanjutkan kembali menguleg, sampai bumbu halus. Siapkan juga bumbu prlengkapnya.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian masukkan bumbu pelengkap. Aduk aduk hingga bumbu berubah warna.
  4. Tambahkan air, kecap manis dan bahan pelengkap lainnya. Tunggu hingga air mendidih, lalu masukkan rebusan daging. Aduk sesekali.
  5. Masak hingga kuah menyusut. Cek rasa. Angkat. Siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat semur daging betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: