Resep Semur jengkol empuk yang Lezat Sekali

Semur jengkol empuk.

Semur jengkol empuk

Lagi mencari ide resep semur jengkol empuk yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur jengkol empuk yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur jengkol empuk, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan semur jengkol empuk yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat semur jengkol empuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Semur jengkol empuk memakai 17 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Semur jengkol empuk:

  1. Gunakan 1 kg jengkol (pastikan yang sudah tua).
  2. Gunakan 15 buah cabai rawit.
  3. Sediakan 2 butir kemiri.
  4. Gunakan 1 ruas jari kunyit.
  5. Gunakan 7 siung bawang putih.
  6. Siapkan 5 buah bawang merah.
  7. Siapkan 1 bungkus santan kara.
  8. Siapkan 1 ruas jahe.
  9. Ambil 1 buah sereh.
  10. Siapkan 3 lembar daun salam.
  11. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  12. Siapkan 1 sdt Lada.
  13. Sediakan Lengkuas.
  14. Ambil Garam.
  15. Ambil Royco.
  16. Sediakan Gula merah.
  17. Gunakan Kecap manis.

Langkah-langkah membuat Semur jengkol empuk:

  1. Cuci beraih jengkol, lalu belah menjadi dua. Kemudian goreng jengkol sampai kecoklatan, kemudian pisahkan kulitnyaa lalu geprek(jangan sampai pecah, hanya memar saja). FYI : tips jengkol agar empuk yaitu di goreng, akan lebih cepat matang dan lebih empuk.
  2. Haluskan (bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, lada, cabai rawit) kemudia iris bawang merah. Dan memarkan lengkuas dan sereh.
  3. Panaskan minyak lalu goreng bawang merah terlebih dahuku sampai kecoklatan, kemudian masukan bumbu halus, serta daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan sereh tumis semuanya hingga matang dan harum.
  4. Jika bumbu sudah matang dan harum, masukan jengkol yang sudah di geprek, lalu aduk hingga jengkol dan bumbu merata.
  5. Kemudian masukan santan lalu aduk sampai merata, kemudian beri kecap kemudian aduk kembali sampai merata.
  6. Tambahkan air secukupnya, serta tambahkan garam, dan royco....aduk hingga merata lalu korekai rasa.
  7. Tunggu hingga bumbu meresap dan air menyusut sesuai selera.
  8. Matang dan sajikaannn.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Semur jengkol empuk yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: