Resep Semur Daging Betawi yang Enak Banget

Semur Daging Betawi.

Semur Daging Betawi

Lagi mencari ide resep semur daging betawi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur daging betawi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur daging betawi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan semur daging betawi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat semur daging betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Semur Daging Betawi menggunakan 18 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Semur Daging Betawi:

  1. Gunakan 300 gr daging sapi rendang/has dalam.
  2. Ambil 100 ml kecap bango / sesuai selera.
  3. Ambil 3 sdm minyak sayur, 1 sdt mentega.
  4. Sediakan Secukupnya air panas.
  5. Gunakan Secukupnya garam dan kaldu bubuk.
  6. Ambil Bumbu halus.
  7. Ambil 5 bawang merah.
  8. Ambil 2 bawang putih.
  9. Sediakan 2 butir kemiri goreng.
  10. Siapkan 1/4 buah pala.
  11. Siapkan 1/2 sdt lada butir.
  12. Sediakan 2 cm jahe.
  13. Ambil Sejumput jinten.
  14. Ambil Bumbu kasar.
  15. Gunakan 1 bawang merah besar iris tipis.
  16. Gunakan 3 cm lengkuas geprek.
  17. Gunakan 2 batang serai.
  18. Sediakan 2 daun salam, 1 daun jeruk.

Cara menyiapkan Semur Daging Betawi:

  1. Cuci bersih daging dan potong sesuai selera (jangan terlalu tipis/tebal) kemudian baluri dengan bumbu halus dan sedikit kecap manis.. remas2 agar bumbu meresap ke daging, diamkan di kulkas selama 30 menit.
  2. Siapkan pan, tumis bumbu kasar kemudian masukkan daging yg sudah dimarinasi tadi (tidak perlu menambahkan air karna akan keluar sendiri dr dagingnya).. dgn api kecil aduk2 sampai mendidih.. koreksi rasa dgn menambahkan garam dan kaldu bubuk.. tambahkan juga kecap manis sesuai selera.
  3. Jika sudah mengental namum daging blm empuk, tambahkan air panas masak sampai daging empuk dan air sedikit surut (sesuai selera).. angkat dan sajikan... Semur Daging Betawi

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan semur daging betawi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: