Resep Semur Jengkol Rempah, Sempurna

Semur Jengkol Rempah.

Semur Jengkol Rempah

Sedang mencari inspirasi resep semur jengkol rempah yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal semur jengkol rempah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur jengkol rempah, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan semur jengkol rempah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat semur jengkol rempah sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Semur Jengkol Rempah menggunakan 28 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Semur Jengkol Rempah:

  1. Siapkan 1 kg Jengkol.
  2. Gunakan Bahan Rebusan dan rendaman.
  3. Ambil 10 lembar daun salam.
  4. Siapkan 10 lembar daun jeruk.
  5. Ambil 5 lembar daun serai (daunnya ya bukan batangnya).
  6. Sediakan 1/2 sdt soda kue.
  7. Ambil 3 sdm kopi hitam bubuk.
  8. Ambil 1 genggam beras.
  9. Ambil Air cucian beras.
  10. Ambil Bumbu Halus.
  11. Siapkan 10 buah cabe merah besar tw.
  12. Ambil 15 siung bawang merah.
  13. Siapkan 5 siung bawang putih.
  14. Gunakan 5 buah kemiri goreng.
  15. Siapkan 1 buku jari kunyit.
  16. Sediakan 1 ruas jahe.
  17. Gunakan Bumbu Pelengkap.
  18. Sediakan 1 ruas jari lengkuas iris halus.
  19. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  20. Siapkan 2 lembar daun salam.
  21. Ambil 1 batang serai.
  22. Ambil 2 sdm gula merah.
  23. Gunakan 1 sdm garam.
  24. Ambil 1 sdt penyedap / kaldu bubuk (optional).
  25. Gunakan 1 bks santan instan.
  26. Gunakan 1 ruas kayu manis.
  27. Gunakan 3 buah cengkeh.
  28. Ambil 1 buah kapulaga.

Langkah-langkah menyiapkan Semur Jengkol Rempah:

  1. Pilih jengkol yg tua, lebih bagus yg ukurannya besar². Biar ga bau, rendam dulu jengkol di air cucian beras dicampur kopi, rendam semalaman..
  2. Cuci bersih jengkol yg sudah direndam, lalu rebus dengan daun salam, daun jeruk, daun serai, 3 sdm kopi, 1 genggam beras, rebus 30 menit, rendam kembali dengan air rebusan tadi selama 8 jam, cuci bersih..
  3. Rebus kembali jengkol dengan sisa daun salam, sereh, jeruk, selama 15 menit dengan menambahkan 1 sdt soda kue. Buang airnya cuci bersih kembali dan tiriskan..
  4. Rebus kembali jengkol dengan air bersih selama 15 menit, angkat tiriskan.
  5. Geprek jengkol hingga pipih dan lebar, hati² jangan sampai hancur.
  6. Blender bumbu halus, di uleg juga gpp tapi pegel ah hehe... (aku lagi males 🤫) tumis hingga bumbu harum dan kering. Jangan lupa daun salam, jeruk, batang serai, lengkuas, cengkeh, kayu manis, kapulaga..
  7. Masukkan jengkol yg sudah di geprek, tambahkan santan, dan bumbu pelengkap, koreksi rasa, masak hingga air menyusut..

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Semur Jengkol Rempah yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: