Bagaimana Membuat Semur jengkol betawi, Enak Banget

Semur jengkol betawi.

Semur jengkol betawi

Sedang mencari ide resep semur jengkol betawi yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal semur jengkol betawi yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur jengkol betawi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan semur jengkol betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah semur jengkol betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Semur jengkol betawi menggunakan 18 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Semur jengkol betawi:

  1. Gunakan Bahan untuk merebus jengkol :.
  2. Ambil 1 liter air.
  3. Siapkan 250 grm jengkol.
  4. Siapkan 3 batang sereh.
  5. Siapkan 7 daun salam.
  6. Gunakan Bumbu yang dihaluskan & ditumis :.
  7. Ambil 3 siung bawang merah.
  8. Gunakan 3 siung bawang putih.
  9. Sediakan 1 SDM lada.
  10. Gunakan 1 SDT Ketumbar.
  11. Ambil 1 SDT jinten.
  12. Sediakan 3 butir kemiri.
  13. Ambil 150 ml kecap manis.
  14. Ambil 300 ml air.
  15. Ambil 1 serah.
  16. Siapkan 3 duan salam.
  17. Gunakan 1/2 teh gula pasir.
  18. Siapkan Penyedap rasa sedikit saja (bisa di skip).

Langkah-langkah menyiapkan Semur jengkol betawi:

  1. Berikut tips agar jengkol tidak bau dan teksturnya legit. Jengkol harus dicuci bersih tak perlu dikupas. Lalu direbus dahulu bersama air, sereh dan daun salam selama kurang lebih 45 menit atau hingga empuk. Lalu biang airnya. Setelah empuk geprek jengkol dan kulitnya lepas sendiri. Sisihkan..
  2. Tumis bumbu yg dihaluskan, sereh dan daun salam hingga harum. Lalu tambahkan kecap dengan air bersama'an.masukan gula pasir dan penyedap rasanya juga. Aduk rata. Masukan jengkol aduk sesekali. Masak hingga meresap. Mudah bukan. Dijamin jengkolnya enak dan tidak bau..
  3. Selamat mencoba ☺.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan semur jengkol betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: