Resep Sayur asem Anti Gagal

Sayur asem.

Sayur asem

Lagi mencari ide resep sayur asem yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan sayur asem enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur asem yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur asem menggunakan 20 jenis bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sayur asem:

  1. Siapkan 6 lonjor kacang panjang, potong2.
  2. Gunakan 1/2 buah labu siam, potong2.
  3. Siapkan 1/4 buah pepaya muda, potong2.
  4. Sediakan 1 genggam kacang tanah.
  5. Ambil 1 genggam buah melinjo.
  6. Gunakan 1 ikan daun melinjo muda.
  7. Ambil 1 buah jagung manis, potong2.
  8. Sediakan 5 buah belimbing wuluh, potong2.
  9. Ambil 2 lembar daun salam.
  10. Gunakan 1 ruas lengkuas.
  11. Gunakan 2 sdm air asam jawa.
  12. Sediakan 1 sdm gula merah.
  13. Gunakan Secukupnya garam.
  14. Siapkan Bumbu halus:.
  15. Gunakan 6 butir bawang merah.
  16. Sediakan 3 siung bawang putih.
  17. Sediakan 2 butir kemiri.
  18. Gunakan 1 buah cabai merah besar.
  19. Gunakan 3 cabai metah keriting.
  20. Sediakan 1/2 sdt terasi matang.

Cara membuat Sayur asem:

  1. Didihkan air dalam panci, masukkan bumbu halus, daun salam dan lengkuas, lalu masukkan jagung, melinjo, kacang tanah, labu siam dan pepaya muda, masak sampai sayuran empuk..
  2. Masukkan belimbing wuluh dan sisa sayuran, bumbui garam, gula merah dan air asam jawa, biarkan sampai sayuran matang dan bumbu meresap, matikan api, sajikan..

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur asem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: