Resep Semur Jengkol medok anti bau Anti Gagal

Semur Jengkol medok anti bau.

Semur Jengkol medok anti bau

Sedang mencari ide resep semur jengkol medok anti bau yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal semur jengkol medok anti bau yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur jengkol medok anti bau, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan semur jengkol medok anti bau enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan semur jengkol medok anti bau sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Semur Jengkol medok anti bau memakai 14 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Semur Jengkol medok anti bau:

  1. Sediakan 250 gram Jengkol tua.
  2. Sediakan 8 butir bawang merah ukuran sedang.
  3. Gunakan 5 butir bawang putih.
  4. Gunakan 7 butir kemiri.
  5. Sediakan 100 gram cabe merah keriting (sesuai selera, jika ingin pedas).
  6. Siapkan 1 sdt merica.
  7. Gunakan 1/2 sdt pala bubuk.
  8. Sediakan 1 sdt ketumbar.
  9. Ambil secukupnya Garam.
  10. Ambil Kecap manis secukupnya sesuai selera.
  11. Gunakan secukupnya Gula pasir.
  12. Ambil secukupnya Air.
  13. Sediakan 3 lembar daun salam.
  14. Ambil 1 cm lengkuas (geprek).

Cara menyiapkan Semur Jengkol medok anti bau:

  1. Tips agar kurang baunya : rendam jengkol dengan air sampai setengah hari, kemudian ganti airnya tambahkan kopi bubuk tanpa gula sampe malam hari. Kemudiaganti lagi airnya rendam dengan air biasa hingga besok pagi..
  2. Rebus jengkol dengan daun salam sampai empuk, kemudian belah 2 pukul2 agak semakin pipih.
  3. Haluskan : bawah merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, cabai, lada. Kemudian tumis hingga wangi dan matang (dengan api sedang ke kecil).
  4. Setelah wangi dan matang,tambakan air kira2 100 ml, garam, gula, pala, kecap, aduk. Test rasa, masukan jengkol. Kemudian tutup pan. Diamkan / shimmer sampe bumbu mengental, sesekali aduk agak bawah tidak gosong. (saya pake api kecil saja).
  5. Setelah mengental, pindahkan ke dalam wadah. Saya taburi bawang goreng. Dijamin ludes, pake bumbunya dan nasi panas aja enak banget 😝.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Semur Jengkol medok anti bau yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: