Bagaimana Membuat Semur Daging Betawi, Enak Banget

Semur Daging Betawi.

Semur Daging Betawi

Anda sedang mencari ide resep semur daging betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur daging betawi yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur daging betawi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan semur daging betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah semur daging betawi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Semur Daging Betawi memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Semur Daging Betawi:

  1. Sediakan 1 kg daging sapi.
  2. Siapkan 275 ml kecap manis.
  3. Siapkan 5 sdm minyak sayur.
  4. Ambil Bumbu yang di haluskan.
  5. Siapkan 1 sdm jinten.
  6. Gunakan 1 sdm lada.
  7. Ambil 5 cm jahe.
  8. Ambil 3 bh bawang putih.
  9. Sediakan 1/2 bh pala.
  10. Siapkan Bumbu Cemplung.
  11. Siapkan 3 lembar daun salam.
  12. Siapkan 3 cm kayu manis.
  13. Ambil 3 cm lengkuas.
  14. Gunakan 3 cm sereh.
  15. Siapkan 5 bh bawang merah iris.
  16. Siapkan Pelengkap.
  17. Sediakan Secukupnya bawang goreng.

Cara menyiapkan Semur Daging Betawi:

  1. Potong daging sesuai selera, kemudian cuci bersih sampai air darah nya hilang. Tiriskan kemudian sisihkan di dalam panci.
  2. Masukkan bumbu halus, kecap manis, minyak goreng dan bawang merah iris. Aduk rata sambil daging di remas-remas sampai bumbu menyerap..
  3. Masukkan bumbu cemplung dan secukupnya garam, aduk rata. Tidak perlu menambahkan air pada proses ini. Karena saat proses memasak akan keluar air dengan sendiri nya. Masak dengan api kecil, sambil sesekali di aduk, apabila kuah sudah mengental tapi daging belum empuk boleh di tambahkan secukupnya air panas. Kemudian masak sampai kuah mengental dan daging empuk. Pada proses ini kalau mau ditambahkan kentang silahkan yah..
  4. Siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat semur daging betawi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: