Langkah Mudah untuk Membuat Sayur Asem Nikmat yang Menggugah Selera

Sayur Asem Nikmat.

Sayur Asem Nikmat

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asem nikmat yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem nikmat yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem nikmat, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur asem nikmat enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur asem nikmat yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem Nikmat menggunakan 12 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur Asem Nikmat:

  1. Ambil 1 buah labu siam besar.
  2. Sediakan 3 buah wortel.
  3. Ambil 10 buah kacang panjang.
  4. Sediakan 2 buah jagung manis.
  5. Gunakan 7 siung bawang merah iris tipis.
  6. Gunakan 5 siung bawah putih iris tipis.
  7. Siapkan 5 buah cabe keriting merah iris tipis.
  8. Sediakan 1 ruas asam jawa.
  9. Gunakan 3 lembar daun salam.
  10. Sediakan 1 ruas lengkuas iris/geprek.
  11. Ambil Secukupnya garam.
  12. Siapkan Secukupnya gula merah/jawa.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asem Nikmat:

  1. Siapkan bahan2nya, cuci bersih & potong2 sesuai selera bahan2nya..
  2. Siapkan panci, didihkan air. Jika sdh mendidih masukkan bumbu2 yg sdh di iris2 tadi. Bawang merah, putih, cabe, lengkuas & daun salam. Krn saya lg hamil & ga pgn pedes bgt, saya cm pake cabe merah keriting. Kemudian masukkan potongan jagung manisnya (kalo pake kacang tanah & melinjo bisa dimasukkan bersamaan dgn jagung manisnya). Rebus smp kira2 jagung empuk..
  3. Biasanya sembari menunggu saya buang busa yg diatas rebusan begini. Gunanya buat apa ya...buat biar terlihat cantik aja seh kyknya 😂.
  4. Setelah kira2 jagung manisnya dirasa empuk, masukkan irisan labu siam, wortel, garam & gula merah/jawanya. Tunggu sebentar saja smp mendidih, jgn lama2 biar sayurannya tetap enak..
  5. Terakhir masukkan kacang panjangnya, aduk, koreksi rasa, tunggu smp mendidih & matikan kompornya..
  6. Alhamdulillah hari ini makan siangnya nikmat sekali walopun cm pake sayur asem & ikan pindang goreng. Trs td kyknya penampilan jagungnya kurang meyakinkan, tapi ternyata manis bgt jagungnya 😍😙.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem nikmat yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: