Resep Sayur asem sunda yang Enak

Sayur asem sunda. Minggu lalu setelah aku share Hidangan Sunda yaitu Nasi Timbel, di video kali ini aku lengkapin lagi dengan Sayur Asem. Sayur asem Sunda pun menggunakan kacang tanah yang sudah dikupas dari kulitnya, berbeda dengan sayur asem Betawi yang umumnya merebus kacang tanah masih bersama kulitnya. Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur.

Sayur asem sunda It is a popular Southeast Asian dish originating from Sundanese cuisine, consisting of vegetables in tamarind soup. The sweet and sour flavour of this dish is considered refreshing and very compatible with fried or grilled dishes. Sayur asem sering disantap bersamaan dengan sambal pedas, ikan asin, tempe goreng, ikan goreng, hingga ayam goreng.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem sunda yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem sunda yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem sunda, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem sunda yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Minggu lalu setelah aku share Hidangan Sunda yaitu Nasi Timbel, di video kali ini aku lengkapin lagi dengan Sayur Asem. Sayur asem Sunda pun menggunakan kacang tanah yang sudah dikupas dari kulitnya, berbeda dengan sayur asem Betawi yang umumnya merebus kacang tanah masih bersama kulitnya. Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur asem sunda sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Sayur asem sunda menggunakan 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur asem sunda:

  1. Siapkan 1 buah terong.
  2. Siapkan 1 buah labu siam.
  3. Sediakan 1 buah jagung manis.
  4. Ambil 6 helai kacang panjang.
  5. Siapkan 1 iket daun mlinjo.
  6. Ambil 200 gram mlinjo.
  7. Ambil 1 sachet bumbu racik sayur asem.
  8. Ambil 800 ml air.
  9. Sediakan 2 lembar daun salam.
  10. Ambil 3 cm lengkuas iris.
  11. Ambil Bumbu halus.
  12. Siapkan 4 siung bawang merah.
  13. Ambil 3-4 biji asem.
  14. Gunakan 4 buah cabe merah.
  15. Gunakan 2 butir kemiri.
  16. Sediakan 1 sachet terasi.
  17. Gunakan 1/2 sdt garam.
  18. Ambil 1/2 sdt kaldu jamur.
  19. Sediakan 1/4 keping gula merah.

Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Simak resep sayur asem khas Sunda yang segar di bawah ini! Serasa makan di restoran Sunda Itulah resep dan cara membuat sayur asem sunda yang nikmat.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur asem sunda:

  1. Siapkan sayuran,,cuci bersih dan potong2 sesuai selera..
  2. Siapkan bumbu, bawang merah,cabe,asem,terasi,kemiri. Tambahkan garam sedikit. Lalu Ulek hingga semua tercampur rata..
  3. Panaskan panci berisi air. Lalu masukkan bumbu yg sudah dihaluskan dan 1sachet bumbu racik..
  4. Masukkan sayuran. Masukkan yg keras terlebih dahulu. Kecuali daun melinjo belakangan..
  5. Kemudian tambahkan gula,garam dan kaldu jamur secukupnya. Koreksi rasa. Dan masukkan daun mlinjonya. Masak hingga mendidih dan sayur asem siap disajikan..

Resep Sayur Asem Bagi orang Jawa khususnya orang Sunda, masakan sayur asem mungkin bukan hal aneh lagi. Meski demikian, olahan sayur asem yang ada di berbagai warung makan ternyata juga. Masakan sayur segar asem sunda ini rasanya lebih mantap dan rasa kuahnya biasanya kuahnya sedikit pedas karena ada cabe hijau besar untuk menambah kesegarannya. Brilio.net - Sayur asem merupakan masakan favorit banyak orang. Selain mudah dibuat rasanya Meski sayur asem beragam, tapi semua rasanya enak kok.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur asem sunda yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: