Resep Sayur Asem yang Enak Banget

Sayur Asem.

Sayur Asem

Lagi mencari ide resep sayur asem yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur asem yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur asem sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem memakai 20 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur Asem:

  1. Gunakan gengggam daun melinjo.
  2. Gunakan melinjo.
  3. Gunakan kacang tanah.
  4. Gunakan kacang panjang, potong2 3 cm.
  5. Siapkan jagung manis (potong sesuai selera).
  6. Sediakan lengkuas geprek.
  7. Sediakan labu siam atau pepaya muda, potong2 kotak.
  8. Ambil nangka muda.
  9. Siapkan daun salam.
  10. Siapkan garam dan gula.
  11. Siapkan kaldu jamur (optional).
  12. Gunakan asam jawa.
  13. Siapkan air (sesuai selera).
  14. Ambil Bumbu halus :.
  15. Ambil bawang merah.
  16. Siapkan kemiri.
  17. Sediakan cabe keriting.
  18. Sediakan cabe merah besar.
  19. Ambil tomat matang sedang.
  20. Sediakan terasi ABC.

Cara menyiapkan Sayur Asem:

  1. Cuci bersih semua bahan sayur, sisihkan. Didihkan air.
  2. Setelah air mendidih masukan jagung, melinjo, kacang tanah, nangka muda, bumbu halus, daun salam, lengkuas & asam. Masak hingga setengah matang. Kluarkan asam taruh di mangkok yg berisi air rebusan sayur asem lalu hancurkan. Masukan kembali air asem ke dalam panci. Selanjutnya masukan labu siam, garam, gula & kaldu jamur, test rasa..
  3. Terakhir, jika rasa sudah sesuai selera masukan kacang panjang & daun melino. Masak sebentar +/- 5 menit, matikan api. Sayur asem siap disantap bersama dengan sambal terasi, tempe/tahu goreng & ikan asin teri kacang๐Ÿ˜.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Asem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: