Resep Semur Jengkol, Bisa Manjain Lidah

Semur Jengkol.

Semur Jengkol

Sedang mencari inspirasi resep semur jengkol yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal semur jengkol yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur jengkol, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan semur jengkol enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah semur jengkol yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Semur Jengkol menggunakan 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Semur Jengkol:

  1. Siapkan 500 gr Jengkol.
  2. Sediakan 100 gr cabe merah.
  3. Siapkan 13 siung bawang merah.
  4. Sediakan 10 siung bawang putih.
  5. Sediakan 4 lembar daun salam.
  6. Ambil 1 sdm kemiri.
  7. Siapkan 1,5 gandu gula merah.
  8. Ambil 1 sdt garam.
  9. Gunakan secukupnya Air putih.
  10. Ambil Minyak goreng untuk tumis bumbu.

Langkah-langkah membuat Semur Jengkol:

  1. Cuci, lalu rebus jengkol hingga empuk. Setelah empuk, angkat jengkol lalu geprek perlahan.
  2. Sembari menunggu jengkol direbus, siapkan bumbu untuk di blender hingga halus.
  3. Panaskan minyak sayur, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Oseng-oseng hingga bumbu harum dan matang masukan daun salam.
  4. Setelah bumbu matang, tambahkan air biarkan hingga mendidih. Lalu masukan gula dan garam koreksi rasa.
  5. Setelah rasa sesuai, masukan jengkol yang telah di geprek aduk rata. Lalu tunggu hingga air agak menyusut dan bumbu mengental..
  6. Setelah selesai, angkat jengkol lalu sajikan dan siap disantap bersama nasi panas. Selamat menikmati πŸ˜‰.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Semur Jengkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: