Resep Semur Jengkol, Sempurna

Semur Jengkol.

Semur Jengkol

Anda sedang mencari ide resep semur jengkol yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal semur jengkol yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur jengkol, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan semur jengkol enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah semur jengkol yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Semur Jengkol menggunakan 18 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Semur Jengkol:

  1. Siapkan 1/4 kg Jengkol.
  2. Gunakan Bumbu halus.
  3. Siapkan 3 Bawang merah.
  4. Gunakan 2 Bawang putih.
  5. Sediakan 1 cm Jahe.
  6. Gunakan 1 cm kunyit.
  7. Gunakan 1 cm lengkuas.
  8. Gunakan Sedikit pala.
  9. Ambil Cabe rawit (sesuai selera).
  10. Ambil Lain-lain.
  11. Sediakan 2 Daun salam.
  12. Gunakan 1 Batang serai.
  13. Siapkan 200 ml santan.
  14. Siapkan 2-3 sendok kecap.
  15. Ambil Secukupnya garam.
  16. Sediakan Secukupnya merica bubuk.
  17. Sediakan Secukupnya ketumbar bubuk.
  18. Sediakan Secukupnya penyedap.

Langkah-langkah membuat Semur Jengkol:

  1. Rendam jengkol semalaman. Rebus hingga empuk. Buang kulitnya, belah menjadi 2 bagian dan pipihkan. Siapkan bumbunya yang akan dihaluskan.
  2. Tumis bumbu halus bersama dengan daun salam dan serai sebentar (hingga harum). Masukkan santan dan bumbu lainnya. Tunggu hingga mendidih..
  3. Masukkan jengkol. Tes rasa.
  4. Biarkan dengan menggunakan api kecil hingga santan berkurang dan bumbu merasuk pada jengkol.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Semur Jengkol yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: