Cara Gampang Menyiapkan Semur Ati Ampela yang Bikin Ngiler

Semur Ati Ampela.

Semur Ati Ampela

Anda sedang mencari ide resep semur ati ampela yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur ati ampela yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari semur ati ampela, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan semur ati ampela enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah semur ati ampela yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Semur Ati Ampela memakai 13 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Semur Ati Ampela:

  1. Gunakan 10 buah ati ampela.
  2. Siapkan 1 buah bawang bombay kecil.
  3. Siapkan 1 buah tomat sedang.
  4. Ambil 3 biji kemiri.
  5. Gunakan 30 gram gula merah.
  6. Ambil 4 sdm kecap manis.
  7. Ambil 1/4 sdt lada.
  8. Siapkan 1/2 sdt garam.
  9. Sediakan 3 siung bawang putih kating.
  10. Siapkan 1/4 sdt biji pala.
  11. Gunakan 1/2 bungkus kaldu ayam.
  12. Gunakan 100 ml air.
  13. Ambil 4 sdm minyak goreng untuk menumis.

Langkah-langkah membuat Semur Ati Ampela:

  1. Cuci Bersihkan ati ampela. Cuci pada air mengalir ati ampela satu per satu. Rebus air bersama jahe yang di geprek setelah mendidih masukkan ati ampela kurang lebih 2 menit saja kemudian ditiriskan. Siap digunakan..
  2. Haluskan bumbu lada, garam, pala, bawang putih dan kemiri. Sisihkan..
  3. Potong potong memanjang tomat dan bawang bombay..
  4. Tumis bumbu halus dan bawang bombay dengan minyak goreng sampai harum kemudian masukkan tomat sampai layu..
  5. Masukkan ati ampela sambil sedikit di bolak balik biar kena bumbu masukkan kecap manis ditambah dengan air tambahkan gula merah serta kaldu bubuk..
  6. Masak dengan api kecil agar meresap ke dalam ati ampela. Kira kira air sudah mengental / tinggal sedikit matikan. Siap di hidangkan..

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat semur ati ampela yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: