Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asem (Bumbu Uleg) yang Enak Banget

Sayur Asem (Bumbu Uleg).

Sayur Asem (Bumbu Uleg)

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asem (bumbu uleg) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem (bumbu uleg) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem (bumbu uleg), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur asem (bumbu uleg) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sayur asem (bumbu uleg) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Sayur Asem (Bumbu Uleg) menggunakan 22 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Sayur Asem (Bumbu Uleg):

  1. Ambil 1 buah jagung (Potong 3cm).
  2. Siapkan 1 buah labu uk. Sedang (Potong dadu).
  3. Siapkan 1 buah terong UK. Kecil (potong dadu).
  4. Sediakan 4 buah kacang panjang (potong 2cm).
  5. Siapkan 8 lembar daun melinjo.
  6. Sediakan 10 buah biji melinjo.
  7. Gunakan 1 buah tomat hijau (Potong-potong).
  8. Sediakan 3 buah sayur belimbing (Potong bagi 3).
  9. Ambil 2 lembar daun salam.
  10. Gunakan 1 ruas lengkuas (keprek).
  11. Siapkan 4 sdm air asam.
  12. Ambil 1 sdm gula jawa.
  13. Siapkan 1 sdt garam.
  14. Gunakan 1 sdt kaldu jamur.
  15. Siapkan Sejumput gula pasir.
  16. Ambil 1,5 liter air.
  17. Gunakan Bumbu Uleg :.
  18. Sediakan 5 buah cabe merah keriting.
  19. Siapkan 5 siung Bawang merah.
  20. Gunakan 3 siung bawang putih.
  21. Sediakan 2 siung kemiri.
  22. Siapkan 1 sdt terasi.

Cara membuat Sayur Asem (Bumbu Uleg):

  1. Siapkan bahan, kupas, cuci bersih sayuran dan potong-potong sesuai selera (Jagung, labu, kacang panjang, terong, tomat hijau). Siapkan panci, masukkan air dan masak hingga mendidih dengan api sedang, setelah mendidih masukkan jagung dan buah melinjo..
  2. Sambil menunggu jagung empuk, haluskan bumbu uleg, Masukkan ke dalam panci, dan masukkan labu, terong,kacang panjang, belimbing sayur dan tomat hijau. Masak hingga labu sudah empuk, lalu masukkan daun melinjo, garam, gula merah, air asam, gula jawa dan kaldu jamur lalu test rasa, aduk masak sebentar. Lalu matikan kompor..
  3. Test rasa terlebih dahulu baru pindahkan sayur asem. Berhubung g ada asem Jawa jadi saya pakai sayur belimbing dan tomat hijau. Seger makan sayur asem pake tempe goreng, ikan asin bulu ayam dan sambel terasi..

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Asem (Bumbu Uleg) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

Subscribe to receive free email updates: